Pages

Kamis, 17 Oktober 2013

Tutorial Dunia Desain



MEMBUAT MODELING CATUR
MENGGUNAKAN SOFTWARE CINEMA 4D



Perkembangan teknologi dan komunikasi telah berkembang pesat dalam peradaban manusia dewasa ini. Pengembangan seni graphic bisa juga digunakan untuk menunjang nilai tambah ekonomi. Contohnya saja dalam dunia kerja designer maupun asitektur. Disana keterampilan untuk merealisasikan imajinasi menjadi bentuk yang dapat dilihat oleh kasat mata baik audio maupun video sangat berperan penting. Membuat model-model bentuk benda tidal sesulit yang kita kira. Kita dapat membut dengan beberapa software animasi maupun grafis. Kali ini kita dapat mengulas cara-cara membuat modeling catur menggunakan software cinema 4D.
Cinema 4D itu tidak sesulit dengan yang kita bayangkan. Cinema 4d itu merupakan perkembangan software 3 dimensi yang dimuat secara instan dengan menu , tool dan effect yang telah disiapkan. Oke deh langsung aja saya jelaskan proses membuat modeling catur
1.       Cara yang pertama kita buka software cinema 4D dengan cara klik kiri 2 kali, lalu aka tampil lembar kerja cinema 4D

2.       Setelah lembar kerja telah dibuka, langkah pertama untuk membuat modeling tersebut yaitu menentukan posisi perspektif , top , right dan front
3.       Kita pilih sajaposisi lembar kerja right , dalam tampilan right kita dapat melihat sisi kanan obyek yang kita buat.
4.       Setelah kitamemilih posisi lembar kerja langsung saja kita buat obyek dari circle yang berbentuk lingkaran yang berada di menu obyek warna hijau. Disana kita pilih yang paling kiri diantara menu obyek yang lain.
5.       Setelah kita membuat 1 circle, kita susun circle lagi tepat diatas circle yang pertama. Kita perkecil ukuran circle yang kedua dengan mengklik obyek pada project. Agar project yang akan kita perkecil menjadi aktif. Lalu pilih menu yang bergambar setelah kita atur ukluran sesuai kebutuhan kita.
6.       Lalu kita buat circle lagi hingga membentuk bagan salah stu bidak catur.
7.       Susun circle hingga membentuk panjang meninggi
8.       Lalu kita kembali pada posisi tampilan caranya kita tombol pojok kanan lembar kerja .kita pilih posisi perspektif
9.       Setelah tampilan posisi menghadap perspektif, kita beri efek loft nurbs agar lingkaran-lingkaran yang hanya berbentuk garis lingkaran akan mebentuk dengan volume sesuai dengan bagan lingkaran , efek tersebut terdapat pada menu efek berwarna hijau yang berbentuk  kita pilih segitiga kecil dipojok tombol tersebut. Lalu kita pilih loft nurbs
10.   Lalu kita dapat menghaluskan obyek tersebut  dengan cara mengatur subdivision, semakinbanyak subdivision maka semakin halus obyek. Subdivision terdapat pada menu pojok kanan bawah. Jangan lupa aktifkan obyek yang akan kita atur dengan cara kita kik obyek yang ada pada prject.
11.   Setelah kita memilih efek, kita seleksi semua circle lalu kita tarik dan drag (seret) ke efek loft nurbs tersebut.
12.   Pasti circle yang mula-mula hanya berbentuk garis akan menjadi berisi.
13.   Untuk membuat warna, kitaa dapat memilih material dengan cara memilih pada menu file yang berasa di bawah lembar kerja.
 
14.   Kita pilih file -> new material, lalu kita klik color lalu pilih warna sesuai keinginan, lalu kita klik efek refleksition pada material tersebut, agar tampak lalu kita atur material lalu klik close. Pasti akan mengatur secara otomatis.
15.   Setelah material tersedia, kita drag ( seret) material yang telah kita buat tersebut keobyek yang kita buat
16.   Selesai, obyek catur yang kita buat.

CARA MENGGUNAKAN POSTER SEDERHANA
MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP CS3


                Cara membuat poster kali ini, kita akan mencoba memuat poster sederhana denganphotoshop. Poster minimalis sederhana untuk kualitas digital. Kali ini akan membuat poster dengan gabungan texsture dan brush.
Berikut langkah-langkahnya :
1.       Membuat lembar kerja baru
Dengan menekan file -> new buat ukuran misalnya 500x700 px jika kalian ingin membuat file dengan kualitas cetak. Pilih standart cetak dengan mode warna CMYK dengan 300 resolution.
2.       Member layer style pada background
Unlock layer background dengan cara klik double pada layer background beri layer style.
3.       Menambah teksture
Masukkan texsture gambar/kertas yang bisa kalian download di deviant art kamu dan masukkan kedalam dokumen kerja kalian.
4.       Menambah brush
Buat layer baru dan tempatkan dibawah layer kertas brush dengan star brush pada layer tersebut, pada bagian ini, kalian tidak harus sama penggunaan brush, cari brush lain yang kalian inginkan.
5.       Menambah typografi
Tambahkan teks untuk poster kalian dan tambahkan pula garis untuk memperindah poster.
6.       Menambah lingkaran
Tambah sesuai sebuah lingkaran menggunakan elipse tool. Isikan layer style dan tambah sedikit teks.
7.       Tambahkan isi yang ingin di sampaikan pada poster tersebut.

Jadi sebenarnya membuat poster menggunakan adobe photosop cs3 itu mudah.
Terima kasih selamat mencoba J

CARA MEMBUAT LOGO APPLE INC. MENGGUNAKAN CORELDRAW


Apple merupakan perusahaan terbesar dalam elektronika industri terbesar di dunia yang menawarkan berbagai jenis produk.
Dengan logo Apple yang sudah sangat terkenal, nah mari kita coba membuat logo Apple denga software Coreldraw.

1.     Buka software Coreldraw lalu buat lembar kerja kosong denagn berbagai ukuran, pilih terserah kalian yang sesuai dengan kebutuhan.
2.     Pilih Bezier tool untuk membentuk pola dari logo Apple yang berbentuk buah apel yang telah digigit di  pinggir.
3.   Pilih shape tool untuk membentuk logo apple, tarik pada setiap garis yang akan di lengkungkan yang   menghubungkan beberapa titik yang membentuk pola.
4.        Buat pola daun apel dengan mengulangi langkah kedua dan ketiga.
5.        Beri warna dengan klik pada color box yang ada pada kanan lembar kerja.
6.    Duplikat gambar yang telah dibuat dengan shortcut CTRL + D dan letakan gambar duplikat pada atas  gambar pertama
7.        Beri warna putih pada gambar duplikat lalu efek fill agar terlihat berkilauan

Nah itu tadi cara membuat logo Aplle dengan Software coreldraw. Semoga bermanfaat :D

CARA MEMBUAT DESIGN KAOS MENGGUNAKAN SOFTWARE COREL DRAW


Saat ini sudah banyak terdapat distro-distro yang menyediakan berbagain macam kebutuhan masyarakatterutama remaja, salh satunya adalah kaos, tetapi tidak banyak pula remaja yang tertarik dengan kaos distro. Salh satu alasanya mungkin karena harganya yang tidak terjangkau. Oleh karena itu penulis menjelaskan cara pembuatan design kaos menggunakan corel draw.
Corel draw adalah editor vector grafik yang dikembangkan oleh corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, kanada. Coreldraw selalu mengeluarkan versi terbaru. Saat ini corel draw x5 adalh versi terbaru yang memiliki tampilan baru dan beberapa aplikasi baru yang tidak ada pada  versi sebelumnya.

Berikut langkah-langakah pembuatannya :
1.       Buka aplikasi coreldraw
Biasanya terdapat di desktop atau start menu.
2.       Pilih “new blank document” pada tampilan awal.
3.       Buat gamar kaos menggunakan “bezier tool”
4.       Kemudian buat design gambar yang diinginkan
5.       Cara membuat gambarnya kalian isa menggunakan Bezier tool,atau pen tool bisa juga menggunakan elips tool.
6.       Kemudian kemudian beri warna pad gambar dengan cara klik bentuk satu persatu missal gambar mata, klik dulu gambar mata kemudian langsung klik warna yang diinginkan pada color pallete atau bisa juga dengan paint bucket.
7.       Kemudian tata atau atur gambar diatas kaos yang telah di uat tadi agar memudahkan saat gambar akan di cetak di kaos.




CARA MENDESAIGN MUG MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP CS3



                Photoshop adalah perangkat lunaka yang biasanya digunakan untuk mendesign sesuatu. Desaign yang di hasilkan oleh photoshop berbasis bitmap. Tetapi kelemahan dari gambar yang di hasikan oleh  mphotosop jika di esarkan akan pecah. Dari aplikasi photoshop bisa menghasilkan desaign yang menarik. Satu desaign yang di jaman sekarang sedikit meningkat adalah mug. Mug digunakan sebagian orang sebagai souvenir pernikahan ulang tahun dan lain sebagainya.
Berikut adalah langkah- langkah membuat mug :

1.       Buka aplikasi photoshop dengan cara klik start > program -> adobe cs3 -> adobe photoshop cs3, tetapi pastikan di PC atau laptop anda sudah terinstal adobe photoshop cs3
2.       Jika adobe photoshop sudah terbuka klik file -> new.
3.       Kemudian atur ukuran stage atau lembar kerja untuk mendesign . ukurannya 18x8,5 cm itu ukuran background kertas -> ok
4.       Kemudian pilih gambar yang akan di jadikan desain mug. Caranya klik file -> import ->cari file/gambar yang diinginkan import ->ok
5.       Atur gambar sesuai keinginan dengan menggunakan tool-tool yang ada di photoshop.
6.       Jika sudah sesuai keinginan save desain mug dengan cara klik  file -> exsport -> pilih type format file, contohnya format JPEG
Jadi mendesain mug menggunakan photoshop itu tidaklah sulit.

Nah itu tadi beberapa tutorial desain.
semoga bermanfaat dan selamat mencoba :D

0 komentar:

Posting Komentar